ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS V SDN 40 AMPENAN

DIAN AINUN, FAZRIYAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS V SDN 40 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SELESAI (DIAN AINUN FAZRIYAH.).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa siswa yang belum bisa menyusuaika teman yang berjudul ibu dan akan tetapi siswa masih sulit dalam menyampaikan amanat/pesan, diksi, Imajinasi dan permajasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi bebas padasiswa kelas V SDN 40 Ampenan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang ditemukan peneliti bahwa tingkat kemamuan siswa pada unsur tema memperoleh nilai presentase 75,7% dengan kategori sangat baik dan jenis tema yang dominan digunakan yaitu tema tentang Terimakasi Ibuku, Hujan, Guruku dan Ibuku Tersayang. Untuk unsur amanat memperoleh nilai presentase 66,9% dengan kategori baik, unsur diksi memperoleh nilai presentase 46,8% dengan kategori cukup, unsur imajinasi memperoleh nilai presentase 12,5% kategori baik, dan unsur permajasan memperoleh nilai presentase 37,5% cukup. Penelitian ini disimpulan bahwa dilihat pada saat kondisi awal siswa masih terlihat kurang atusias dalam menulis puisi siswa yang mengeluh jika diminta untuk menulis puisi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kemampuan Menulis, Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SDN 40 Ampenan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Apr 2023 15:44
Last Modified: 04 Apr 2023 15:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36010

Actions (login required)

View Item View Item