ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IVA SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2023

Y U S, R I N (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IVA SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUSRIN 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL YUSRIN.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa indonesia peserta didik kelas IVA SDN 32 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif, narafif yang dimaksud dalam penelitian kualitatif yaitu menyajikan suatu informasi dalam bentuk naskah atau gambar. Subjek dalam penelitian ini terdapat 35 peserta didik di kelas IVA, untuk dijadikan objek penelitian hanya 6 peserta didik yang memliki kesulitan belajar bahasa Indonesia di tandai dengan nilai yang mereka dapatkan di mata pelajaran bahasa Indonesia. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawacara semi terstruktur dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu metode miles dan humberman, dengan komponen 1. Pengumpulan data 2. kondesasi data 3. penyajian data 4. penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini di temukan 6 peserta didik yang menggalami kesulitan belajar pada masing-masing keterampilan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. pertama dilihat dari keterampilan menulis terdapat 1 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia, kedua dilihat dari keterampilan membaca terdapat 1 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia, ketiga dilihat dari keterampilan menyimak terdapat 2 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia dan yang terakhir dilihat dari keterampilan berbicara terapat 2 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia. Dari kesulitan belajar yang dialmin oleh 6 peserta didik ditemukan beberapa faktor penyebab kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas IVA SDN 32 Cakranegara yaitu: 1. faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri peserta didik yang mencakup kurangnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa indonesia, motivasi belajar yang rendah, acuh ta acuh saat belajar dan dan kondisi kesehatan peserta didik, 2. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri peserta didik yang mencakup kurangnya perhatian orang terhadap perkembanggan belajar peserta didik, lingkungan tempat tingal, teman sebaya dan suasana rumah yang ribut sehingga peserta didik tidak bisa menggfokuskan saat belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:51
Last Modified: 10 Apr 2023 06:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36116

Actions (login required)

View Item View Item