Evaluasi Rasionalisasi Stasiun Hujan Metode Kagan Rodda dengan Mempertimbangkan Kriteria Penentuan Lokasi Pembangunan Stasiun Hujan

Renaldhy, Reza and Yasa, I Wayan and Setiawan, Ery Evaluasi Rasionalisasi Stasiun Hujan Metode Kagan Rodda dengan Mempertimbangkan Kriteria Penentuan Lokasi Pembangunan Stasiun Hujan. Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

[img]
Preview
Text
3 - evi_nur_cahya,+_+5.+523-reza+OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rasionalisasi pos stasiun hujan menggunakan metode Kagan. Metode ini menghasilkan jumlah pos stasiun dan letak penempatan jaringan pos stasiun hujan di suatu wilayah. Hasil evaluasi yang dilakukan di Wilayah Sungai Sumbawa menunjukkan bahwa jumlah stasiun hujan yang perlu ditambahkan sebanyak 152 buah stasiun. Namun, setelah dievaluasi menggunakan Google Earth software untuk melihat kesesuaian lokasi terhadap kriteria lokasi pembangunan stasiun hujan, hanya 50 titik yang memenuhi kriteria. Untuk mengoptimalkan metode tersebut, titik-titik rekomendasi yang tidak memenuhi syarat dipindahkan ke lokasi bangunan air terdekat, seperti bendungan, embung, atau bendung. Jumlah titik yang dipindahkan ke bangunan air terdekat sebanyak 31 titik dan 70 titik lainnya tidak direkomendasikan untuk dibangun stasiun hujan. Hal ini membuktikan bahwa rekomendasi jumlah dan titik penempatan dari hasil analisis rasionalisasi metode Kagan tidak bisa langsung diaplikasikan di lapangan. Rekomendasi yang diberikan harus dievaluasi kembali dengan memperhatikan kaidah-kaidah dalam penentuan lokasi pembangunan pos stasiun hujan.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): kagan, rationalization, rain gauge
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Dr I Wayan Yasa
Date Deposited: 23 Apr 2023 06:59
Last Modified: 23 Apr 2023 06:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36974

Actions (login required)

View Item View Item