IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDIT ALISTIQOMAH NW MAMBEN BARU 2021/2022

EVITA, SARI (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDIT ALISTIQOMAH NW MAMBEN BARU 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
EVITASARI_E1E217054_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai-nilai karakter religius melalui pembelajaran tematik di kelas IV SD-IT AlIstiqomah NW Mamben Baru. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif deskriftif model fenomenologi. pendekatan kualitatif model fenomenologi yaitu untuk mengamati proses pembelajaran berdasarkan data yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles & Huberman (Sugiyono, 2013) analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa guru sudah menerapkan kelengkapan pembeljaran mulai dari Silabus, RPP, media dan evaluasi. Karena guru sudah mengimplementasikan nilai karakter religius dalam Subtema yang tercantum adalah “Aku dan Cita-Citaku.” Subtema tersebut bisa disisipkan nilai-nilai karakter religius yang dapat dikembangkan. Konten yang terdapat dalam subtema ini tentang bagaimana anak dapat meraih cita-cita yang diinginkan. Dari hasil perhitungan implemetasi nilai karakter religius tergolong baik seperti menerapkan karakter jujur, disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan toleransi kepada siswa. Adapun secara deskriptif kualitatif nilai-nilai karakter religius yang diterapkan 83 % dan yang tidak dilaksanakan sebanyak 17 %. Guru mempunyai peran yang penting untuk mengawasi sikap berdoa siswa selesai pembelajaran. Faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai karakter religius melalui pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SDIT AL-Istiqomah NW Mamben Baru salah satunya adalah sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain (1) masih terdapat siswa yang tidak mengikuti kegiatan (2) kondisi orang tua yang kurang menunjang proses implementasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai karakter religius, Pembelajaran tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Apr 2023 03:57
Last Modified: 27 Apr 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37081

Actions (login required)

View Item View Item