PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM LITERASI BAHASA SISWA KELAS II DI SDN 5 DANGER

MERY DWI, RAHMAWATI (2023) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM LITERASI BAHASA SISWA KELAS II DI SDN 5 DANGER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MERY DWI RAHMAWATI_E1E218092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_MERY DWI RAHMAWATI_E1E218092.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan orang tua dalam literasi bahasa siswa kelas II di SDN 5 Danger. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 5 Danger. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data model dari Milles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II SDN 5 Danger sudah berperan dengan baik terkait literasi bahasa. Hal tersebut dilihat dari perencanaan literasi, pelaksanaan literasi, serta hasil pelaksanaan literasi yang mengalami peningkatan menjadikan peran guru sangat penting dalam kegiatan literasi, sedangkan orang tua kelas II SDN 5 Danger juga sudah berperan dengan baik terkait literasi bahasa. Hal tersebut dilihat dari perencanaan literasi, pelaksanaan literasi, serta hasil pelaksanaan literasi yang mengalami peningkatan. Dibuktikan juga dengan adanya konstribusi orang tua mulai dari pembuatan jadwal literasi, penyediaan fasilitas, serta mendampingi anak dalam kegiatan literasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peran guru, peran orang tua, literasi bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 May 2023 00:19
Last Modified: 12 May 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37835

Actions (login required)

View Item View Item