PENGARUH DISPLAY KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 WANASABA DAYA

AHYU AFIZA, JAMALULLAEL (2023) PENGARUH DISPLAY KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 WANASABA DAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AHYU AFIZA JAMALULLAEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ahyu Afiza Jamalullael.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh display kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Wanasaba Daaya. Lingkungan belajar yang kondusif memiliki kontribusi yang positif dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Pengelolaan kelas yang baik, fasilitas pembelajaran yang memadai memberikan suasana nyaman, menantang dan memotivasi bagi peserta didik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.. tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh display kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Wanasaba Daya. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan metode korelasional. Sampel penelitian menggunakan siswa kelas IV SDN 1 Wanasaba Daya. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket atau kuisioner. Uji instrumen penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji linearitas kemudian dilakukan uji korelasi. Menurut hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diketahui bahwa antar kedua variabel terdapat korelasi sebesar 0,383 > 0,349 sesuai dengan pengujian maka Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara display kelas dengan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Wanasaba Daya. Diketahui nilai R Squared menunjukkan angka 0,147, artinya dengan menggunakan hasil regresi , diketahui pengaruh display kelas terdahap motivasi belajar siswa adalah 14,7% sedangkan sissanya 85,3% di pengaruhi oleh variable lain. Hal ini membuktikan bahwa Segala aktivitas yang ada di dalam kelas tidak akan baik jika seorang guru tidak melakukan display kelas Salah satu bagian menciptakan suasana kelas yang edukatif adalah dengan adanya display kelas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengaruh, Display Kelas, Motivasi Belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:03
Last Modified: 19 May 2023 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38070

Actions (login required)

View Item View Item