PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH BATA MERAH DAN KAPUR SEBAGAI BAHAN PENGIKAT PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP SIFAT MEKANIK MORTAR

FATAHUL, AZIZ (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH BATA MERAH DAN KAPUR SEBAGAI BAHAN PENGIKAT PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP SIFAT MEKANIK MORTAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FATAHUL AZIZ (F1A116017).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH FATAHUL AZIZ (F1A116017).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebelum ditemukan semen Portland, masyarakat memanfaatkan puing bata merah yang pecah pada proses pembakaran yang kemudian digiling atau ditumbuk sampai halus. Puing bata merah tersebut dinamakan semen merah. Semen merah juga lazim digunakan untuk campuran bentuk mortar atau spesi. Dan berdasarkan pengetahuan yang didapat dari beberapa sumber ternyata semen merah mengandung unsur silika (Si) yang cukup besar, Semen merah dan kapur dipakai untuk mereduksi atau mengganti semen. Selain ramah lingkungan dan harganya murah dibanding semen, semen merah itu sendiri bisa didapat dari pengolahan pecahan batu bata merah dari bongkaran bangunan yang tidak terpakai. Bahan material alternatif tersebut memenuhi syarat untuk pembuatan mortar yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pecahan bata merah dan kapur sebagai bahan pengikat pengganti sebagian semen terhadap sifat fisik dan mekanik mortar. Besar kuat tekan, kuat rekat dan daya serap air maksimum pada mortar. dalam penelitian ini digunakan variasi campuran 1 pc: 4 psr, 1 bt: 4 psr, 0.25 kp: 0.75 bt: 4 psr, 0.5 kp:0.5 bt: 4 psr, 0.75 kp 0.25 bt: 4 psr, 1 kp: 4 psr, 1 kp: 4 psr, 0.5pc: 0.5 kp: 4 psr dan 0.5 pc: 0.5 bt: 4 psr. Pengujian meliputi kuat tekan, kuat rekat, dan daya serap air mortar jika dibandingtkan dengan mortar normal. Hasil dari penelitian ini teridentifikasi bahwa pengaruh pengunaan pecahan bata merah dan kapur sebagai bahan pengikat pengganti sebagian semen mengalami penurunan yang signifikan ditandai dengan menurunnya hasil pengujian kuat tekan dan kuat rekat pada mortar jika dibandingkan dengan mortar normal. Hasil pengujian kuat tekan, dan kuat rekat pada mortar didapatkan nilai tertinggi pada variasi 0,5 pc: 0,5 kp: 4 psr sbesar 9,36 MPa mengalami penurunan sebesar 27,33% dari beton normal, nilai kuat rekat sebesar 0,025 MPa mengalami penurunan sebesar 61,11% dan nilai terkecil pada variasi 1 bt: 4 psr sebesar 0,2 MPa mengalami penurunan sebesar 98,45% dari mortar normal, nilai kuat rekat sebesar 0 MPa mengalami penurunan sebesar 100% dari mortar normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Limbah bata merah, kapur, kuat tekan, kuat rekat,daya serap mortar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:04
Last Modified: 19 May 2023 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38156

Actions (login required)

View Item View Item