KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PROGRAM SEMUA ANAK CERDAS (SAC) di SDN 1 SELEBUNG

NUNUNG, OKTAFIANI (2023) KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PROGRAM SEMUA ANAK CERDAS (SAC) di SDN 1 SELEBUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NUNUNG OKTAFIANI (NIM E1E018101).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL ACC NUNUNG OKTAFIANI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (817kB)

Abstract

Kesiapan guru terhadap proses belajar mengajar merupakan hal mendasar yang dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam melaksanakan Literasi dan Numerasi pada program Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN 1 Selebung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pendamping level 4 dan pemula. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model dari Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran pada komponen modul literasi dan numerasi terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan utama yaitu menginovasi cara mengajar serta meningkatkan level kemampuan literasi dan numerasi. Peningkatan level kemampuan literasi siswa pada level pemula ditunjukkan dengan adanya peningkatan ke level huruf, berdasarkan data awal terdapat 45 siswa kemudian berkurang menjadi 26 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 42% dari siswa mengalami peningkatan. Sedangkan kelompok belajar numerasi pada level 4 mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan bilangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru dalam melaksanakan program literasi dan numerasi di SDN 1 Selebung cukup baik sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesiapan guru, Literasi , Numerasi, Pendekatan SAC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 May 2023 03:39
Last Modified: 22 May 2023 03:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38338

Actions (login required)

View Item View Item