ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DI MIS NW KEBUN MULIA TAHUN AJARAN 2022/2023

NUZWATUN ADAWIYAH, (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DI MIS NW KEBUN MULIA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL Nuzwatun.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (1MB)

Abstract

Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari baik dirumah, di sekolah maupun di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya kemampuan numerasi siswa di MIS NW Kebun Mulia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan penelitian yakni guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya kemapuan numerasi siswa di MIS NW Kebun Mulia dibagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa yang meliputi rendahnya kemampuan intelegensi siswa, rendahnya minat belajar siswa, dan rendahnya motivasi belajar siswa. Selain faktor internal, ada faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar siswa yang meliputi kurangnya perhatian orang tua, pengaruh teman bermain, kemampuan guru, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sehingga upaya guru untuk mengatasi rendahnya kemampuan numerasi siswa adalah memberi motivasi, menerapkan kegiatan numerasi, meningkatkan kemampuan guru, dan kolaborasi atau kerjasama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Numerasi, Rendahnya Kemampuan Numerasi, Faktor Penyebab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 May 2023 07:45
Last Modified: 23 May 2023 07:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38498

Actions (login required)

View Item View Item