EFEKTIVITAS MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS X

UMMU, ASHYFAH (2023) EFEKTIVITAS MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS X. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_UMMU ASHYFAH (E1A018105)).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI_UMMU ASHYFAH (E1A018105).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (372kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran sangatlah penting, salah satu contohnya adalah dalam penggunaan bahan ajar. Bentuk penyajian bahan ajar dilengkapi komponen multimedia yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi biologi adalah modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul elektronik terhadap hasil belajar biologi peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Mataram, dengan sampel kelas X-1, X-4, X-5, dan X-6 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi modul elektronik oleh ahli dan tes hasil belajar kognitif peserta didik dalam bentuk soal pilihan ganda. Rata-rata persentase hasil validasi modul elektronik oleh ahli media 92,7% dan ahli materi 91,45% dengan kesimpulan valid dan layak digunakan. Hasil analisis data menggunakan uji ANCOVA menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (p= 0,022 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan modul elektronik efektif meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): efektivitas, modul elektronik, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 May 2023 00:59
Last Modified: 25 May 2023 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38592

Actions (login required)

View Item View Item