PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR HOTS SISWA DI SMA NEGERI 1 SELONG

SULASSRI, ELIYANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR HOTS SISWA DI SMA NEGERI 1 SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINISH SULASSRI ELIYANI (E1S016084).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL SULASSRI ELIYANI (E1S016084).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berfikir HOTS siswa oleh guru di SMA Negeri 1 Selong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif model Milles dan Huberman, melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: 1) Perencanaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berfikir HOTS diantaranya; Guru merencanakan RPP dengan isi , identitas, KI, KD, indikator pembelajaran, pendekatan/model/metode pembelajaran, media/alat/sumber pembelajaran, dan penilaian pembelajaran; 2) Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan HOTS diantaranya, kegiatan pendahuluan melalui apersepsi, kegiatan inti melalui penyampaian materi, dan kegiatan penutup melalui penyimpulan materi oleh siswa maupun guru; 3) Evaluasi model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan HOTS dilakukan dengan penilaian pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Berpikir Hots, Pembelajaran Sosiologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 06:16
Last Modified: 26 May 2023 06:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38665

Actions (login required)

View Item View Item