KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII MTS PUTRI AL-ISHLAHUDDINY KEDIRI LOMBOK BARAT

HUDRI, YAH (2023) KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII MTS PUTRI AL-ISHLAHUDDINY KEDIRI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hudriyah E1C018034 SKRIPSI revisi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Jurnal (PBSI)_Hudriyah (E1C018034).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis terutama menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik memberikan tes menulis karangan deskripsi kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah petunjuk dan batasan menulis deskripsi. Objek penelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek struktur dan kaidah kebahasaan. Aspek struktur terdiri atas Imajinasi, Keterlibatan aspek panca indera, kesan hidup dan menunjukkan objek yang ditulis. Aspek kaidah kebahasaan terdiri atas pilihan kata/diksi, ejaan dan tanda baca, kerapian tulisan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Putri Al-Ishlahuddiny sebanyak 43 orang dari 160 siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan mereka dalam menulis karangan deskripsi tersebut masih kurang. Hasil deskripsi data terkait kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VIII MTs Putri AlIshlahuddiny Kediri Lombok Barat tampak 40 siswa dari 43 siswa dalam sampel penelitian berada pada kategori kurang dalam menulis karangan deskripsi. Hal tersebut dilihat dari segi persentase siswa memperoleh nilai pada kategori sangat mampu 1 orang, kategori mampu 1 orang dan kategori cukup mampu 1 orang siswa. Nilai tertinggi berada pada angka 75, nilai terendah pada angka 18,5, dan nilai rata-rata berada pada angka 35. Dengan demikian kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VIII MTs Putri Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat tergolong kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 03:04
Last Modified: 26 May 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38678

Actions (login required)

View Item View Item