KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SOSIOLOGI TERSERTIFIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 6 MATARAM

BAIQ SITI LAUHIL, BARIAH (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SOSIOLOGI TERSERTIFIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF BQ SITI LAUHIL B (E1S016011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL PDF BQ SITI LAUHIL B (E1S016011).pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi pedagogik dan profesional guru sosiologi tersertifikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram; (2) persamaan dan perbedaan kompetensi pedagogik dan profesional guru sosiologi tersertifikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: (1) guru sosiologi tersertifikasi SMAN 6 Mataram memiliki kompetensi pedagogik dan profesional yang baik dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19; (2) terdapat persamaan kompetensi pedagogik guru sosiologi tersertifikasi dalam hal perencanaan, dan evaluasi pembelajaran, sedangkan perbedaan ditemukan dalam hal pelaksanaan pembelajaran daring dan luring. Adapun persamaan pada ranah kompetensi profesional ditunjukkan dalam hal penguasaan materi, KI dan KD, serta penguasaan IPTEK dalam hal perencaanaan, dan evaluasi, sedangkan perbedaan ditemukan pada tahap pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kompetensi pedagogik, profesional, guru tersertifikasi, daring dan luring.
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 02:51
Last Modified: 26 May 2023 02:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38694

Actions (login required)

View Item View Item