IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH TASK- BASED LEARNING ( A Classroom Action Research On the Third Grade Students of SMPN 1 Labuapi in Academic Year 2022-2023)

NURLELY SHABNA, SYUNDARI (2023) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH TASK- BASED LEARNING ( A Classroom Action Research On the Third Grade Students of SMPN 1 Labuapi in Academic Year 2022-2023). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURLELY SHABNA SYUNDARI E1D019161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
artikel Nurlely Shabna Syundari fix.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan menggunakan pembelajaran berbasis tugas di kelas IX-A SMPN 1 Labuapi tahun akademis 2022-2023. Itu adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif dari dua metode pengumpulan data yang berbeda. Penerapan pembelajaran berbasis tugas untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa menggunakan data kualitatif. Data itu di dapatkan melalui catatan yang diambil setiap hari melalui pengamatan, wawancara dengan guru bahasa inggris, dan diskusi dengan teman kolaborator. Peneliti juga menggunakan data kuantitatif, dengan numerik untuk melengkapi informasi pada data kualitatif. Uji coba dan tes awal ( pre-test) diberikan pada setiap siklus untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian tersebut memperlihatkan bahwa pembelajaran berbasis tugas dapat membantu siswa di kelas IX-A dari SMPN 1 Labuapi mengembangkan kemampuan berbicara mereka. Mereka dapat mengembangkan pikiran mereka melalui tugas-tugas yang diberikan. Kemampuan akademis para siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata murid pada test awal ( pre-test) dan test akhir (post-test) untuk setiap siklus. Pada awal test (pre-test) siswa memiliki skor rata-rata 5,23. Skor ini gagal memenuhi standar kelengkapan minimal (KKM). Sementara itu, nilai rata-rata pada siklus 1 meningkat menjadi 6,50. Lalu, skor setelah menerapkan test pada siklus 2, nilai rata-rata meningkat menjadi 7,72, skor ini melampaui kriteria kelengkapan minimum (KKM). Hasilnya, pada data kuantitatif ini menunjukkan bahwa kemampuan murid untuk berbicara meningkat pada setiap siklus dan dinyatakan sukses.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berbicara, Kemampuan, Pembelajaran berbasis tugas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 06:18
Last Modified: 26 May 2023 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38723

Actions (login required)

View Item View Item