PENGARUH MODEL PEkMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATANPELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 46 CAKRANEGARATAHUN AJARAN 2021/2022

JUANA, SILVIAH (2023) PENGARUH MODEL PEkMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATANPELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 46 CAKRANEGARATAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JUANA SILVIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe word square terhadap motivasi belajar pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 46 Cakranegara yang berjumlah 42 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe word square terhadap motivasi belajar IPA peserta didik dengan nilai uji-t sebesar 27,311. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe word square terhadap motivasi belajar IPA peserta didik kelas V SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif tipe word square, Motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 03:40
Last Modified: 29 May 2023 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38834

Actions (login required)

View Item View Item