ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Ainayya, Alfatihah (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYYA.docx1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AINAYYA ALFATIHAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD) merupakan salah satu kajian yang selalu menarik untuk dikemukakan karena adanya perbedaan karateristik khususnya antara hakikat anak dan hakikat matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan di berbagai jenjang Pendidikan. kenyataan yang ada di lapangan bahwa kegiatan pembelajaran matematika memiliki tingkat kesulitan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran lainnya terutama pada materi kecepatan. Hal ini terlihat Ketika proses pembelajaran berlangsung, kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika dan juga metode pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika pada materi kecepatan siswa kelas V dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas V serta upaya perbaikan yang dilakukan oleh guru kelas V SDN 15 Mataram untuk mengatasi kesulitan belajar matemetika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN 15 Mataram dengan subjek penelitian yaitu 6 orang siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika dan yang memperoleh nilai dibawah KKM. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu kesulitan dalam memahami maksud soal, kesulitan dalam pemahamn konsep, kesulitan dalam keterampilan proses. Upaya perbaikan yang digunakan oleh guru dengan mengadakan bimbingan belajar khusus seperti les tambahan yang diadakan 3 kali dalam 1 minggu oleh guru kelas V, melakukan pengulangan kembali materi yang belum dipahami siswa, dilakukan perbaikan atau remedial terhadap siswa yang mendapat nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesulitan belajar matematika, kecepatan, matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 03:42
Last Modified: 29 May 2023 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38850

Actions (login required)

View Item View Item