PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMAN 1 SAPE

USWATUN, HASANAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMAN 1 SAPE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH (E1A018107).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL USWATUN HASANAH (E1A018107).pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media belajar peta konsep terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Sape. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari 2 tahap yakni uji validitas oleh dosen ahli dan uji validitas Empiris. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sape. Teknik pengambian sampel menggunakan Simple Random Sampling. Penelitian dilakukan pada peserta didik Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sape yang terdiri dari 62 peserta didik, yakni 31 peserta didik kelas X IPA 1 (kelas Eksperimen) dan 31 X IPA 7 (Kelas Kontrol). Data hasil belajar kognitif diperoleh dari instrument tes berupa soal pilihan ganda, sedangkan data hasil keterlaksanaan RPP diperoleh dari instrumen non-tes berupa lembar observasi yang diberi tanda cek-list oleh observer. Uji Hipotesis menggunakan Uji-test Paired Sample test pada taraf siginifikansi 0,05. Data penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas ekperimen yakni Pretest 33,23 dan Post-test 72,09, sedangkan pada kelas Kontrol yakni Pre-test 33,39 dan Pos-test 58,71. Hasil analisis statistic menunjukan bahwa media belajar peta konsep meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peta Konsep dan Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 04:20
Last Modified: 29 May 2023 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38878

Actions (login required)

View Item View Item