IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKnBERBASIS E-LEARNING DI MAN 2 MODEL MATARAM

RIFKI, MAULANA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKnBERBASIS E-LEARNING DI MAN 2 MODEL MATARAM. UNSPECIFIED thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIFKI MAULANA E1B117058 PPKn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
JURNAL RIFKI MAULANA E1B117058 PPKn.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (244kB)

Abstract

lajaran PPKn berbasis E-learning di MAN 2 Model Mataram. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran PPKn berbasis e-learning di MAN 2 Model Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PPKn yang melaksanakan E-learning dalam pembelajaran dan siswa yang menerima/mengikuti pembelajaran E-learning di MAN 2 Model Mataram. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan wakil kepala kurikulum di MAN 2 Model Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan tiga trigulasi (triangulasi teknik, sumber, dan waktu). Teknik analisis data penelitian (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Implementasi pembelajaran PPKn berbasis E-learning di MAN 2 Model Mataram dilaksanakan terlebih dahulu guru menyiapkan bahan pembelajaran seperti RPP 1 lembar yang terdapat dalam aplikasi E-learning melalui LMS yang digunakan, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring dan luring. Pada tahap evaluasi pembelajaran PPKn berbasis E-Learning tiga aspek penilaian yaitu aspek apektif (Sikap), kognitif (Pengetahuan) dan psikomotorik (Keterampilan). (2) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran PPKn berbasis e-learning di MAN 2 Model Mataram yaitu faktor pendukung sarana dan prasaran sangat mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar dan faktor penghambat yaitu partisipasi/motivasi siswa juga sangat mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar di sekolah

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 May 2023 04:20
Last Modified: 29 May 2023 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38880

Actions (login required)

View Item View Item