PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMPN 1 MATARAM

ISRO’UL, LAILI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMPN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ISRO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL ISRO.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 1 Mataram. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Mataram yang berjumlah 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Jadi, dari 11 kelas akan diambil dua kelas yang akan dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIII G (kelas eksperimen) dan kelas VIII J (kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Teknik tes yang diterapkan adalah pre-test dan post-test. Uji Prasyarat analisis yang digunakan untuk uji normalitas yaitu Uji Chi Kuadrat dan Uji homogenitas menggunakan Uji Varians. Untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dimana hasilnya yaitu thitung > ttabel (4,135 > 1,994) ) maka kesimpulanya Ha diterima dan Ho ditolak artinya Ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan Media Monopoli terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, monopoli , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 May 2023 01:33
Last Modified: 30 May 2023 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38957

Actions (login required)

View Item View Item