PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM DALAM MEMBANGUN DISPOSISI KREATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

MARIA ROSALINDA, FEBRIANTI SAWU (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM DALAM MEMBANGUN DISPOSISI KREATIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARIA ROSALINDA FEBRIANTI SAWU NIM E1A019059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL MARIA ROSALINDA FEBRIANTI SAWU NIM E1A019059.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di abad ke-21, peserta didik perlu dibekali dengan life skills (keterampilan hidup) salah satunya keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif tidak dapat dipisahkan dari disposisi kreatif atau yang bisa disebut sebagai karakter dan kebiasaan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran STEM dalam membangun disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode random sampling. Variabel bebas penelitian yaitu pendekatan pembelajaran STEM. Variabel terikat penelitian, yaitu disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Data disposisi kreatif siswa diperoleh dari angket disposisi kreatif sementara data keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh dari tes keterampilan berpikir kreatif yang disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji ANACOVA. Hasil penelitian disposisi kreatif siswa diperoleh nilai Sig. (α) = 0,000 < 0,05 sementara keterampilan berpikir kreatif diperoleh nilai Sig. (α) = 0,005 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran STEM berpengaruh signifikan terhadap disposisi kreatif dan keterampilan berpikir kreatif siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Disposisi kreatif, Keterampilan Berpikir Kreatif, Pendekatan pembelajaran STEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 May 2023 01:33
Last Modified: 30 May 2023 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38958

Actions (login required)

View Item View Item