STUDENTS’ PARTICIPATION AND ACHIEVEMENT IN ENGLISH ON DIFFERENT SEATING ARRANGEMENTS (COMPARATIVE EXPERIMENTAL STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 13 MATARAM)

QANITA, HANDAYANI (2023) STUDENTS’ PARTICIPATION AND ACHIEVEMENT IN ENGLISH ON DIFFERENT SEATING ARRANGEMENTS (COMPARATIVE EXPERIMENTAL STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 13 MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Qanita Handayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Artikel_Qanita Handayani.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (524kB)

Abstract

Penataan tempat duduk memiliki peran penting dalam bidang pendidikan, namun sebagian besar sekolah masih mengandalkan penataan tempat duduk tradisional yang mungkin tidak efektif memenuhi kebutuhan sebagian besar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental komparatif dengan desain penelitian campuran yang terdalam untuk menyelidiki apakah penataan tempat duduk yang berbeda (separate tables dan horseshoe) menunjukkan perbedaan yang signifikan padapartisipasi dan prestasi siswa dalam bahasa Inggris. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas 8 dari SMPN 13 Mataram, dengan total 50 sampel penelitian yang dipilih melalui purposive random sampling dari dua kelas yang berbeda (VIII-A dan VIII-G). Pengumpulan data melibatkan observasi, survei, dan tes, dan analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta uji t sampel independen. Metode primer dan sekunder digunakan untuk menggabungkan dan menganalisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam partisipasi siswa antara kedua kelompok di beberapa area tetapi tidak di area lainnya. Secara khusus, ketika siswa duduk pada penataan separate tables, kemungkinan partisipasi mereka lebih tinggi dalam indikator aktivitas motorik dan mental, dan ketika duduk dalam penataan horseshoe, partisipasi mereka menunjukkan kemungkinan yang lebih tinggi dalam indikator aktivitas visual dan menulis. Namun, meskipun adanya perbedaan-perbedaan ini, kedua penataan tempat duduk tidak menunjukkan perbedaan signifikan partisipasi siswa dalam indikator aktivitas mendengarkan lisan dan emosional. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemungkinan partisipasi siswa pada beberapa indikator sementara relatif sama pada indikator lainnya. Mengenai prestasi akademik, penelitian ini mengungkapkan perbedaan yang signifikan dalam prestasi siswa berdasarkan penataan tempat duduk yang berbeda. Siswa yang duduk dengan penataan separate tables menunjukkan prestasi akademik yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang duduk dengan penataan horseshoe. Oleh karena itu, tesis ini menyimpulkan bahwa penataan tempat duduk yang berbeda memiliki perbedaan yang signifikan dalam kemungkinan partisipasi dan prestasi siswa. Oleh karena itu, opsi penataan tempat duduk alternatif ini dapat dipertimbangkan untuk diimplementasikan di ruang kelas, dengan mempertimbangkan faktor-faktor spesifik dengan hati-hati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penataan tempat duduk, prestasi siswa, partisipasi siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 May 2023 07:18
Last Modified: 31 May 2023 07:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39014

Actions (login required)

View Item View Item