PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022

Ine Febri, yanti (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
-SKRIPSI INE FEBRIYANTI- E1E216083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL JCAR 4 Ine Febriyanti.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 44 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil belajar matematika pre-test dan post-test menggunakan rumus kolmogorov smirnov dengan taraf sig 5% (0,05) kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan post-test, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data post-test siswa. Hasil analisis data didapatkan nilai sig 2 tailed sebesar 0,000 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig 2 tailed ≤ 0,05 t-tabel maka Ho ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2022. Hasil penelitain ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya pada mata pelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Giving Question and Getting Answer , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 May 2023 07:23
Last Modified: 31 May 2023 07:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39018

Actions (login required)

View Item View Item