PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SI BULA (STIK BILANGAN BULAT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 18 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MAYA, ZULVA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SI BULA (STIK BILANGAN BULAT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 18 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (Maya Zulva).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal MAYA ZULVA.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbatuan media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model model Problem Based Learning (PBL) berbatuan media Si Bula (Stik Bilangan Bulat), sedangkan kelas IV B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas mengajar guru. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji t (t-polled varian). Berdasarkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada tahap post-test diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 72,08 dan kelas kontrol adalah 60,42. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 2,070 dan ttabel 2,014 pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%, sehingga dapat diketahui thitung > ttabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan H0 dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbatuan media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning (PBL), Media Si Bula (Stik Bilangan Bulat), Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 May 2023 07:23
Last Modified: 31 May 2023 07:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39023

Actions (login required)

View Item View Item