EFEKTIVITAS PENERAPAN PELATIHAN PENYEGARAN (REFRESHER TRAINING) PERSONEL AIRPORT SECURITY DI BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID

TAUFIQURAHMAN RAMADHANI, PAMUNGKAS (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN PELATIHAN PENYEGARAN (REFRESHER TRAINING) PERSONEL AIRPORT SECURITY DI BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID. Diploma thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TAUFIQURAHMAN RAMADHANI PAMUNGKAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keamanan Penerbangan adalah suatu keadaan yang memberikan perlindungan kepada penerbangan dari tindakan melawan hukum melalui keterpaduan pemanfaatan sumber daya manusia, fasilitas, dan prosedur. Sumber daya manusia yang melakukan pengamanan bandara disebut Airport Security Dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya Personel Airport Security harus mengikuti pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan sesuai dengan kompetensinya dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kemananan penerbangan. Salah satu program pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan nasional yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Program Pendidikan dan Pelatihan Keamanan Penerbangan Nasional yaitu pelatihan penyegaran (refresher training) melalui pelatihan penyegaran Personel Airport Security dapat memperbaharui pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi dan peraturan. Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mencari tahu efektivitas penerapan pelatihan penyegaran bagi Personel Airport Security di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah ini adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait pelaksanaan pelatihan penyegaran (refresher training) Personel Airport Security di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan penyegaran (refresher training) Personel Airport Security di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid sudah efektif, dimana penyelenggaraannya mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Program Pendidikan dan Pelatihan Keamanan Penerbangan.. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelatihan penyegaran (refresher training), seperti kondisi pandemi Covid-19 serta pasca pandemi dan keterbatasan anggaran yang mengharuskan efisiensi biaya dan tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Jun 2023 02:42
Last Modified: 02 Jun 2023 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39042

Actions (login required)

View Item View Item