RANCANG BANGUN SMART FARMING SYSTEM MONITORING DAN PENGUSIR HAMA BURUNG BERBASIS RASPBERRY PI 4 DENGAN PENGAPLIKASIAN ALGORITMA YOLOV5

Muhammad Deagama Surya, Antariksa (2023) RANCANG BANGUN SMART FARMING SYSTEM MONITORING DAN PENGUSIR HAMA BURUNG BERBASIS RASPBERRY PI 4 DENGAN PENGAPLIKASIAN ALGORITMA YOLOV5. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN_TUGAS AKHIR_F1D019069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_TUGAS AKHIR_F1D019069.pdf.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Petani sering menghadapi masalah hama. Metode tradisional untuk mengusir hama burung tidak selalu efektif, terutama pada lahan pertanian yang luas. Namun, kemajuan teknologi seperti Internet of Things dan computer vision memberikan solusi baru bagi petani untuk mengatasi masalah ini. Penelitian menggunakan Raspberry Pi 4 dengan webcam dan speaker terhubung. Webcam digunakan untuk mendeteksi hama burung secara real-time menggunakan algoritma YOLOv5 dan OpenCV. Jika hama burung melewati batas yang ditentukan, sistem mengirim notifikasi melalui chatbot Telegram dan dapat mengambil foto untuk pemantauan. Pengujian menunjukkan bahwa hasil gambar yang ditangkap webcam dapat mendeteksi hama burung dalam berbagai kondisi. Pada ruang kosong, jarak deteksi berkisar 80 cm sampai denga 400 cm, sedangkan pada lingkungan seperti sawah, jarak deteksi berkisar 80 cm sampai dengan 200 cm. Namun, jarak 200 cm terjadi false positive pada saat melakukan deteksi pada hama burung. Pada Raspberry Pi 4, kecepatan pemrosesan gambar sekitar 0,78 FPS sampai dengan 0,8 FPS. Selama pengujian suhu selama 1 jam, suhu Raspberry Pi 4 mencapai 58,4 sampai dengan 61,8 °C. Pengujian speaker dengan suara bising berhasil mengusir hama burung di area terjangkau, namun beberapa hama burung masih kembali ke area tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hama Burung, Raspberry Pi 4, Webcam, Speaker, Telegram
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Jun 2023 02:42
Last Modified: 02 Jun 2023 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39043

Actions (login required)

View Item View Item