Analisis Penanganan Kerusakan Dini Segmen Jalan Bandara Internasional Lombok dengan Perkerasan Kaku Bersambung Tanpa Tulangan

Karyawan, I Dewa Made Alit (2014) Analisis Penanganan Kerusakan Dini Segmen Jalan Bandara Internasional Lombok dengan Perkerasan Kaku Bersambung Tanpa Tulangan. kurva teknik, 4 (1). pp. 62-74. ISSN p-ISSN : 2089-6743/e-ISSN : 2797-426X

[img]
Preview
Text
kurva teknik_Analisa penanganan kerusakan.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://eprints.unram.ac.id/36469/1/I DEWA MADE ALI...

Abstract

Ruas jalan akses Bandara Internasional Lombok (BIL), dibangun secara bertahap sejak 2007 hingga 2011. Kontruksi perkerasan jalan adalah perkerasan lentur (flexible pavement). Pada beberapa segmen saat ini ditemukan adanya kerusakan, antara lain: retak pinggir, dan permukaan jalan bergelombang. Karakteristik tanah di lokasi jalan akses BIL tergolong dalam tanah lempung ekspansif. Jika kandungan airnya banyak maka tanah tersebut akan mengembang dan daya dukungnya akan berkurang. Daya dukung rendah juga ditunjukkan oleh kecilnya nilai CBR tanah dasar, yaitu 1,409 %. Kajian dilakukan pada segmen ruas jalan dengan tujuan menentukan jenis dan struktur perkerasan kaku yang sesuai untuk diimplementasikan. Kajian dilakukan pada STA 5+300 - STA 5+500 yang merupakan segmen ruas jalan akses BIL. Data yang digunakan: Data lalu-lintas, CBR tanah dasar, jenis bahu, lokasi jalan (dalam kota/ luar kota), jenis jalan dan kualifikasi mutu beton. Selanjutnya dilakukan perencanaan perkerasan kaku, terdiri dari perencanaan tebal pelat dan tulangan sambungan. Hasil kajian adalah: (1) Penanganan untuk kerusakan dini segmen jalan dapat diantisipasi dengan menggunakan perkerasan kaku. Jenis perkerasan kaku yang digunakan adalah perkerasan Beton Semen Bersambung Tanpa Tulangan (BBTT) / Join Plan Concrete Pavement (JPCP), (2) Beton untuk pelat adalah beton dengan kuat tarik lentur (f’ cf ) = 4,2 MPa pada umur 28 hari dengan ketebalan 210 mm, (3) Tulangan sambungan melintang (dowel) menggunakan besi polos 33 mm, panjang 450 mm, jarak 300 mm, dan sambungan memanjang (tie bars) dengan besi ulir 16 mm, panjang 700 mm, jarak 940 mm, (4) Pondasi menggunakan campuran beton kurus (lean concrete) dengan ketebalan 150 mm.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): kerusakan dini, perkerasan kaku
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Dr. Ir. I Dewa Made Alit Karyawan, MT.
Date Deposited: 03 Jun 2023 07:07
Last Modified: 03 Jun 2023 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39130

Actions (login required)

View Item View Item