PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 7 MATARAM

JULHIJU HADIATIL, AKBAR (2023) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Julhiju revisi (31 Mei siang) 2023) JILID ysng diperbaiki khusus buat jilid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Julhiju Hadiatil Akbar.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA di SMPN 7 Mataram menggunakan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pre test post-test nonequivalent Control Group Design dan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Variabel bebas adalah model pembelajaran STM dan model PBL. Sementara variabel terikat penelitian adalah prestasi belajar IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 7 Mataram. Jumlah siswa dalam populasi ini adalah 80 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas VIII G (kelas model STM) dan kelas VIII H (kelas model PBL). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar adalah tes yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Pengambilan data dilakukan dengan dua tahap yaitu pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest yang dilakukan sesudah diberikan perlakuan. Analisis statistik data dilakukan dengan menggunakan uji t independen sample ttest pada taraf kesalahan 5%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas STM 49,45 dan posttest 75. Sedangkan untuk pretest kelas PBL 51,10 dan posttest 69,35. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menerapkan model pembelajaran model STM memiliki skor posttest 75 lebih tinggi dari siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan model PBL dengan skor posstest 69.35. hasil uji hipotesis independen sample Ttest menunjukkan nilai F= 2.894 dengan signifikansi = 0.024 < 0.05. Kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran STM dengan model PBL terhadap prestasi belajar IPA di SMPN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model STM, Model PBL, prestasi belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:06
Last Modified: 05 Jun 2023 06:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39179

Actions (login required)

View Item View Item