OPTIMALISASI PEMANFAATAN DIGITAL SIGNAGE SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI BUDAYA KEAMANAN PENERBANGAN OLEH AIRPORT SECURITY BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID

TINTAN ZAMZAMI, SUMARJITO (2023) OPTIMALISASI PEMANFAATAN DIGITAL SIGNAGE SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI BUDAYA KEAMANAN PENERBANGAN OLEH AIRPORT SECURITY BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID. Diploma thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_TINTAN ZAMZAMI SUMARJITO_A0E020143 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keamanan penerbangan adalah suatu keadaan yang memberikan perlindungan dalam pelaksanaan operasional penerbangan dari tindakan melawan hukum melalui keterpaduan sumber daya manusia, fasilitas dan prosedur. Sumber daya manusia yang melakukan pengamanan bandar udara disebut Airport Security. Untuk mencegah terjadinya tindakan melawan hukum Bandar Udara melakukan langkah-langkah pengamanan. Salah satu langkah pengamanan yang dilakukan sesuai dengan sistem keamanan, yaitu Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid wajib memiliki Digital Signange yang digunakan untuk melakukan penyebaran informasi terkait dengan Budaya Keamanan Penerbangan. Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemanfaatan digital signage saat ini dan untuk mengetahui bentuk optimalisasi pemanfaatan digital signage yang akan dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan data yang dikumpulkan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Dalam pembagian kuesioner kepada penumpang menggunakan teori AIDA yaitu Attention, Interest dan Desire untuk mengetahui indikator yang digunakan sebagai dasar dalam membuat pernyataan. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan terkait dengan kondisi eksisting digital signage , hasil penelitian menujukkan bahwa pemanfaatan digital signage perlu dilakukan optimalisasi pada beberapa bagian digital signage. Bentuk opitimalisasi di analisis menggunakan Teori AIDA dan dilakukan berdasarkan nilai rata-rata pada tiap indikator yang perlu dilakukan adanya peningkatan yaitu pesan yang disampaikan, frekuensi penayangan iklan, visualisasi iklan yang ditayangkan, Efektivitas media, persepsi konsumen dan minat konsumen atas iklan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:35
Last Modified: 05 Jun 2023 08:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39194

Actions (login required)

View Item View Item