Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Aikmel

Muhammad, Ansori (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Aikmel. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Ansori E1S018043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Muhammad Ansori JCAR Univeritas Mataram (BISMILLAH).pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya berpengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guded inquiry) berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI di SMAN 1 Aikmel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment dengan rancangan Posttest Only control group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Aikmel yang terdiri lima kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu sempel random sampling setelah penyepadanan kelas. Sampel yang dipilih dua kelas yaitu kelas XI-IPS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 dan XI-IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, berbentuk soal uraian yang telah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik parametrik dengan bentuan SPSS 16.0 for windows karena memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Sig. 0,029 < 0,05 dan mean kelas eksperimen (75,55) > mean kelas kontrol (58,21). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI di SMAN 1 Aikmel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inkuiri terbimbing, media video, berbasis masalah dan keterampilan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2023 09:15
Last Modified: 06 Jun 2023 09:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39265

Actions (login required)

View Item View Item