SIMULASI PENGARUH JUMLAH PALANG RIM SEPEDA MOTOR TERHADAP EQUIVALENT VON MISES STRESS DAN SAFETY FACTOR MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS

Ikhsan, Dwilingga (2023) SIMULASI PENGARUH JUMLAH PALANG RIM SEPEDA MOTOR TERHADAP EQUIVALENT VON MISES STRESS DAN SAFETY FACTOR MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir - Ikhsan Dwilingga_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Paper Skripsi - Ikhsan Dwilingga_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rim atau velg memiliki berbagai desain model dan pada jumlah palangnya. Hal ini membuat distribusi tegangan yang berbeda-beda pada masing-masing model rim jika dikenai beban seperti beban impact. Pada simulasi ini, pengujian beban impact dilakukan pada rim, dengan variasi 4 jenis geometri dimana geometri ini hanya berbeda pada desain jumlah palangnya. Dengan menemukan nilai Factor Safety pada masing-masing rim, diharapkan mampu menentukan desain rim yang paling optimal. Explicit Dynamics dapat membantu menyelesaikan masalah ini karena impact yang terjadi pada simulasi terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Dalam penelitian ini perancangan rim sepeda motor tipe cast wheel dengan palang berjumlah 5, 6, 10 dan 12 dengan kecepatan impact yang diberikan seragam yaitu 10 km/h. Material rim yang digunakan adalah aluminium 6061 T6 dan material impactor nya menggunakan aluminium alloy. Rim yang dirancang memiliki ukuran diameter 35,56 cm dan lebarnya 4,01 cm serta massa sebesar 2415 gram. Software Solidworks dan Ansys yang berbasis metode elemen hingga digunakan untuk memudahkan dalam mendesain rim cast wheel. Dengan menggunakan software ini rim dapat dirancang atau didesain sehingga dapat di analisis tegangan dan regangan yang terjadi saat simulasi beban impact pada bidang rim. Hasil simulasi didapatkan bahwa rim dengan palang 10 dan 12 dikategorikan aman karena memiliki nilai tegangan rata-rata yang lebih rendah dari rim palang 5 dan 6 serta memiliki nilai Safety Factor diatas 1. Dengan kata lain, rim palang 10 dan 12 merupakan rim dengan desain yang optimal dari segi biaya dan kekuatannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rim Sepeda Motor, Uji Impact, Metode Elemen Hingga, Ansys Mechanical, aluminium 6061 T6
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jun 2023 23:24
Last Modified: 06 Jun 2023 23:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39288

Actions (login required)

View Item View Item