AYU, DAHLIA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED-LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 WANASABA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi AYU DAHLIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
JURNAL AYU DAHLIA.pdf Download (475kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Wanasaba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Wanasaba tahun ajaran 2023 dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian berupa tes pilihanganda, observasi dan wawancara. Hasil penilitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ini, hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 61,29% Dan pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat sebesar 83,87% dari data ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Problem Based Learning, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 00:18 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 00:18 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39290 |
Actions (login required)
View Item |