PENGARUH LITERASI BACA TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 15 AMPENAN

INDAH, PRATIWI (2023) PENGARUH LITERASI BACA TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 15 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Artikel INDAH PRATIWI Nim E1E217076 (1).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (317kB)

Abstract

Literasi membaca siswa masih tergolong rendah. Literasi membaca sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi baca terhadap gaya belajar siswa kelas 4 SDN 15 Ampenan. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis penelitian Expost facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 15 Ampenan yang berjumlah 47 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu menggunakan angket. Teknik analisis data berupa uji normalitas, linieritas dan uji hipotesis, dengan taraf signifikan 5% berbantuan SPSS 16.0 for windows. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov diperoleh nilai Sig (2-tailed) literasi baca 0,063 > 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed) gaya belajar 0,062 > 0,05. Sehingga berdistribusi normal. Berdasarkan hasil hitung regresi linier sederhana diperoleh nilai R (korelasi) sebesar 0,586, nilai R Square diperoleh nilai 0,343, hasil F test yang diperoleh nilai 0,321 dan nilai uji t diperoleh 0,567 dengan Sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka ditolak dan diterima, yang berarti ada pengaruh literasi baca terhadap gaya belajar siswa kelas 4 SDN 15 Ampenan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Literasi Baca, Gaya Belajar, Sekolah Dasar Negeri 15 Ampenan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 00:18
Last Modified: 07 Jun 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39291

Actions (login required)

View Item View Item