PENGEMBANGAN KEGIATAN MERONCE DENGAN MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-BANNA KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

RAHMIA, JUNIARTI (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN MERONCE DENGAN MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-BANNA KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAHMIA JUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RAHMIA JUNIARTI (E1F018082) (1) (1).pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Meronce merupakan salah satu stimulasi untuk mengasah kemampuan motorik halus anak dengan merangkai benda dan pernak-pernik menjadi satu dengan menggunakan seutas tali atau ikatan edukatif lain. Kegiatan motorik halus merupakan komponen yang mendukung pengembangan kognitif, sosial, dan emosi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kegiatan meronce dengan manik-manik dalam meningkatkan motorik halus pada anakusia 5-6 Tahun.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan analisis kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melihat perkembangan kegiatn meronce dengan manik-manik menggunakan indikator perkembangan motorik halus anak.Subjek dari penelitian ini yaitu 10 siswa dengan rasio 9 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kegiatan meronce dengan manik-manik pada tahap pengembangan I mencapai skor 50% dengan kriteria Mulai Berkembang, pada tahap pengembangan II mencapai skor 60,53% dengan kriteria berkembang sesuai harapan, karena skor yang dicapai pada tahap pengembangan II belum mencapai skor yang diinginkan maka dilakukan penelitian selanjutnya pada tahap pengembangan III yaitu mencapai hasil 87,64% dengan kriteria berkembang sangat baik dan mencapai hasil yang sangat memuaskan. Hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al-Banna dari tahap pengembangan I mencapai 73%, meningkat pada tahap pengembangan II mencapai 79,8%, dan pada tahap pengembangan III mencapai 89,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui langkah-langkah pengembangan yang tepat dengan pelaksanaan kegiatan meronce menggunakan manik-manik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun TK Al-Banna Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kegiatan Meronce dengan Manik-Manik; Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:04
Last Modified: 07 Jun 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39305

Actions (login required)

View Item View Item