PERENCANAAN SISTEM DRAINASE BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MENGURANGI LIMPASAN PERMUKAAN (STUDI PADA PERUMAHAN GREEN ASIA, KECAMATAN LABUAPI, KABUPATEN LOMBOK BARAT)

I GUSTI AGUNG NGURAH, RAI KUSUMA WARDANA (2023) PERENCANAAN SISTEM DRAINASE BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MENGURANGI LIMPASAN PERMUKAAN (STUDI PADA PERUMAHAN GREEN ASIA, KECAMATAN LABUAPI, KABUPATEN LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(2)PERENCANAAN SISTEM DRAINASE BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MENGURANGI LIMPASAN PERMUKAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH PERENCANAAN SISTEM DRAINASE BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MENGURANGI LIMPASAN PERMUKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Labuapi merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat yang bersebelahan langsung dengan kota mataram, oleh karena itu lokasi ini sering digunakan sebagai lokasi pembangunan pemukiman seperti perumahan. Pembangunan pemukiman mengakibatkan berkurangnya daerah resapan air hujan akibat luas daerah yang ditutupi oleh perkerasan semakin luas dan dapat menyebabkan terjadinya genangan saat musim penghujan dan kekeringan saat musim kemarau. Salah satu kawasan yang mengalami perubahan tataguna lahan yaitu Perumahan Green Asia dengan luas lahan ±6 hektar, tipe rumah pada perumahan Green Asia ini yaitu 27/77, 36/103 dan 50/105. Adanya pembangunan perumahan ini tentu akan mengakibatkan berkurangnya jumlah air yang meresap kedalam tanah dan akan menambah beban dari drainase yang ada. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi limpasan permukaan yaitu dengan sistem drainase berwawasan lingkungan menggunakan sumur resapan. Sumur resapan adalah sumur yang fungsi utamanya untuk memperluas area serapan air terutama air hujan, guna melakukan konservasi pada tanah dan juga kandungan air di dalam tanah. Limpasan permukaan dari atap akan dialirkan menuju sumur resapan dan ditampung sehingga dapat menjadi cadangan air tanah. Dari hasil analisis dan uji laboratorium dapat diketahui bahwa rata-rata kemampuan tanah menyerap air pada perumahan Green Asia yakni 6,329 cm/jam, dan kedalaman muka air tanah pada kondisi setelah hujan yaitu 2,94 meter pada tahap 1; 2,8 meter pada tahap 2, dan 3,02 meter pada tahap 3. Debit limpasan rata-rata yang masuk ke dalam saluran drainase pada perumahan Green Asia sebesar 0,0103 m³/dt, dan debit limpasan terbesar berada pada saluran A1.2 dengan nilai debit sebesar 0,0408 m³/dt. Sumur resapan direncanakan berbentuk silinder, pada rumah tipe 36/103 dengan diameter 0,6 meter dan kedalaman 1 meter dapat menyerap debit sebesar 0,0008 m³/dt, pada rumah tipe 50/105 dengan diameter 0,6 meter dan kedalaman 1 meter dapat menyerap debit sebesar 0,0009 m³/dt, pada rumah tipe 27/77 dengan diameter 0,4 meter dan kedalaman 0,5 meter dapat menyerap debit sebesar 0,0005 m³/dt. Efektivitas sumur resapan pada perumahan Green Asia rata-rata dapat mengurangi debit yang masuk menuju saluran drainase sebesar 41,1% dan debit yang tersisa akan dialirkan menuju saluran drainase utama

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Eco-drainase, Limpasan Permukaan, Sumur Resapan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:04
Last Modified: 07 Jun 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39306

Actions (login required)

View Item View Item