ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS UNTUK PENANAMAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SEPAKEK

GALUH SUKMA, DEWI (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS UNTUK PENANAMAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SEPAKEK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (GALUH SUKMA DEWI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Galuh Sukma Dewi (JIWPP).pdf

Download (777kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran literasi baca tulis dan pendidikan karatek tidak dapat dipisahkan, kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting bagi pendidikan. SD Negeri 1 Sepakek merupakan sekolah yang sangat mementingkan kedua hal tersebut yaitu pembelajaran literasi baca tulis dan pendidikan karakter, hal ini tercermin dari kebiasaan peserta didik dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran literasi baca tulis untuk pembentukan karakter dan mendeskripsikan jenis-jenis karakter yang terbentuk. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 orang, Guru Kelas IV, dan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sepakek. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi (non partisipan), wawancara (semi terstruktur), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada kelas IV SD Negeri 1 Sepakek terintegrasi dalam pembelajaran melalui Kurikulum 2013 dan Implementassi Kurikulum Merdeka (IKM). Implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada kelas IV SD Negeri 1 Sepakek melalui lima tahapan yaitu 1) Tahap pendahuluan (segala jenis persiapan sarana dan prasarana serta rencana pelaksanaan pembelajaran), 2) Tahap pembiasaan (membaca 10-15 menit sebelum pembelajaran, penggunaan pojok baca dan perpustakaan), 3) Tahap pengembangan (kegiatan rabu budaya, dan selasa literasi), 4) Tahap pembelajaran (seluruh kegiatan pembelajaran membutuhkan kemampuan literasi baik kegiatan pendahuluan, inti atau penutup) , dan 5) Tahap evaluasi (evaluasi perkembangan kemampuan literasi peserta didik, evaluasi kegiatan).Sementara itu karakter yang terbentuk dari implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada kelas IV SD Negeri 1 Sepakek yaitu Karakter Religius (contoh melalui kegiatan berdoa, mengucapkan basmallah sebelum membaca), Disiplin (mengumpulkan tugas tepat waktu), Gemar Membaca (membaca lebih dari 1 buku setiap hari), Rasa Ingin Tahu, Tanggung Jawab, Peduli Sosial, Kepemimpinan, Percaya Diri, Karakter Mandiri, dan Komunikatif. Karakter yang tampak dari proses implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada kelas IV lebih banya dibandingkan dengan prediksi awal dikarenakan pengembangan kegiatan literasi baca tulis dalam IKM lebih rinci atau terprogram menyesuaikan dengan tema kegiatan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): literasi baca tulis, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:13
Last Modified: 08 Jun 2023 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39415

Actions (login required)

View Item View Item