ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE PADA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM

JATI MALINDA, OKTAVIA (2023) ANALISIS KESALAHAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE PADA SISWA KELAS VIII SMPN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
LOA, JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level berpikir van Hiele pada siswa, menganalisis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan menggunakan prosedur Newman pada soal segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah van Hiele Geometry Test (VHGT), tes segiempat dan segitiga beserta wawancara. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa menyelesaikan van Hiele Geometry Test (VHGT) dan terpilih 6 siswa untuk perwakilan level berpikir van Hiele. Level yang dicapai oleh siswa yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), dan level 2 (deduksi informal). Hasil penelitian menunjukkan (1) siswa level 0 melakukan kesalahan Newman pada jenis comprehension, transformation, process skill dan encoding. (2) siswa level 1 melakukan kesalahan Newman pada jenis kesalahan transformation, process skill dan encoding. (3) siswa level 2 melakukan kesalahan Newman pada jenis kesalahan process skill dan encoding. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu tidak mengetahui informasi yang ada pada soal segiempat dan segitiga, tidak mengetahui rumus apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal segiempat dan segitiga, tidak menyelesaikan proses perhitungan, dan tidak menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan, level van Hiele, prosedur Newman, segiempat dan segitiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:19
Last Modified: 10 Jan 2024 03:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39421

Actions (login required)

View Item View Item