ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DIMASA PASCA PANDEMI DALAM PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL PADA KELAS TINGGI SD NEGERI 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

ARI NASHIRUDDIN, ZAINI (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DIMASA PASCA PANDEMI DALAM PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL PADA KELAS TINGGI SD NEGERI 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARI NASHIRUDDIN ZAINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal ARI NASHIRUDDIN ZAINI.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Masa pasca pandemi guru mengalami perubahan strategi pembelajaran. Hal ini merubah pula media yang digunakan, yang di mana pada masa pandemi guru lebih sering menggunakan bantuan media digital, pada masa pasca pandemi guru memiliki 2 pilihan yaitu untuk tetap menggunakan bantuan media digital atau beralih untuk meninggalkan media digital dan kembali menggunakan media yang pernah di gunakan sewaktu sebelum pandemi. Pada observasi awal di Sd Negeri 9 Mataram yang dilakukan dengan cara wawancara Bersama kepalasekolah, beliau mengungkapkan bawasannya belum mengetahui pasti dalam pelaksanaannya guru menngunakan media digital dalam pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dimasa pasca pandemi dalam penggunanaan media digital dan mengetahui factor penyebab pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini yaitu baha pelaksanaan pembelajaran dimasa pasca pandem dalam penggunaan media digital sudah dilaksanakan dengan menggunakan beberapa media digital seperti multimedia interaktif, media digital gadget, media digital wps office, serta media aplikasi canva. Dalam hasil penelitia di temukan beberapa faktor penghambat yaitu: 1.)ketersediaan media sarana prasarana, 2.)kondisi linggungan, 3.)ketersediaan jaringan dan 4.) paling uama adalah individu keterampilan guru. yang menyebabkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pasca pandemi dalam penggunaan media digital menjadikan guru kesulitan dalam pengunaan dan pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pasca Pandemi, Media Digital, Sd Neger 9 Mataram
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39632

Actions (login required)

View Item View Item