ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2022/2023

AULIA, ASRI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi aulia asri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
artikel aulia asri (jipp).pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika materi SPLDV ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar matematika dan soal tes kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita. Hasil pengisian angket di dalam kelas terdapat 30 siswa kelas VIII-7 yang mengisi angket dengan rincian minat belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah secara berturut-turut adalah 5, 20, dan 5 siswa. Kemudian tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah berturutturut adalah 7, 15, dan 8 siswa. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMPN 1 Masbagik tahun ajaran 2022/2023 dengan minat belajar matematika tinggi memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang tinggi karena sangat baik dalam tahap memahami masalah dan membuat rencana penyelesaikan, serta baik dalam tahap melaksanakan rencana dan melihat kembali. Siswa dengan minat belajar matematika sedang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang sedang karena sangat baik dalam tahap memahami masalah, baik dalam membuat rencana penyelesaian, serta cukup baik dalam melaksanakan rencana dan melihat kembali. Sedangkan untuk siswa dengan minat belajar matematika rendah memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang rendah karena baik dalam memahami masalah, cukup baik dalam membuat rencana penyelesaian, kurang dalam melaksanakan rencana dan sangat kurang dalam tahap melihat kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), Minat Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:42
Last Modified: 12 Jun 2023 04:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39681

Actions (login required)

View Item View Item