PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR FLIPBOOK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SDN 1 TOLOWATA

NUNUNG, QOMARIYANTI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR FLIPBOOK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 SDN 1 TOLOWATA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUNUNG QOMARIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NUNUNG QOMARIYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar flipbook yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pahlawanku tema 5 subtema 1 pembelajaran 1. Jenis penelitian ini ialah penelitian R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SDN 1 Tolowata, Kecamatan Ambalawi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Pengembangan media buku cerita bergambar flipbook telah dilakukan uji kelayakan dan keefektifan. Kelayakan media buku cerita bergambar flipbook berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 83,3%, penilaian dari ahli materi mendapat kriteria layak dengan rerata presntase 77,4%. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu uji coba lapangan kelompok kecil berdasarkan respon 6 orang siswa mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 92,4%, hasil uji coba lapangan kelompok menengah berdasarkan respon 9 orang siswa mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 92% dan hasil uji coba lapangan kelompok besar berdasarkan respon 12 orang siswa mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 93,3%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa kelompok kecil memperoleh rerata nilai 90, kelompok menengah memperoleh rerata nilai 100 dan kelompok besar memperoleh rerata nilai 100. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar flipbook dikategorikan efektif

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Buku Ceita Bergambar, Flipbook, Hasil Belar, Ilmu pengetahuan Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:33
Last Modified: 12 Jun 2023 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39698

Actions (login required)

View Item View Item