PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI DESIGN THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 2 MATARAM

HADYATUL, MUIZZATISSALMI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI DESIGN THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Hadyatul Muizzatissalmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Hadyatul Muizzatissalmi.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terintegrasi design thinking terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi biologi peserta didik kelas X SMAN 2 Mataram. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu (Quasy Experimental) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah Non-equivalent Control Group Design. Purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel dan diperoleh kelas X9 dan X11 sebagai kelas eksperimen dan kelas X10 dan X12 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur kemampuan literasi biologi adalah tes tulis berupa pilihan ganda sedangkan kemampuan berpikir kreatif diukur dengan tes tulis berupa essai. Data dianalisis menggunakan uji non-parametrik yaitu uji Kruskal-wallis pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan adanya pengaruh nyata model problem based learning terintegrasi design thinking terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi biologi peserta didik kelas X di SMAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Design Thinking, Berpikir Kreatif, Literasi Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:34
Last Modified: 12 Jun 2023 08:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39724

Actions (login required)

View Item View Item