C53 - Pengaruh Value Co Creation dan Destination Image terhadap Kepuasan Wisatawan Muda dengan Memorable Tourist Experience sebagai Variabel Intervering pada Destinasi Halal di Pulau Lombok

Vina Ayu Hidayati, Vina Ayu Hidayati and Baiq, Handayani and SAUFI, AKHMAD C53 - Pengaruh Value Co Creation dan Destination Image terhadap Kepuasan Wisatawan Muda dengan Memorable Tourist Experience sebagai Variabel Intervering pada Destinasi Halal di Pulau Lombok. Empiricism Journal. ISSN ISSN (online): 2745-7613

[img]
Preview
Text
C53.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengaruh Value Co Creation dan Destination Image terhadap Kepuasan Wisatawan Muda dengan Memorable Tourist Experience sebagai Variabel Intervering pada Destinasi Halal di Pulau Lombok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks pemasaran destinasi, kepuasan wisatawan merupakan tujuan dari setiap layanan yang diberikan. Meningkatkan kepuasan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistem layanan yang disediakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan muda di Pulau Lombok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket. Data dianalisis dengan menggunakan Sructural Equation Modeling dengan bantuan program Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 5 hubungan antar variabel yang diajukan 4 hubungan antar variabel lainnya signifikan yaitu value co creation terhadap kepuasan wisatawan, destination image terhadap kepuasan wisatawan, destination image terhadap memorable tourist experience, dan memorable tourist experience terhadap kepuasan wisatawan, sedangkan 1 hubungan antar variabel lainnya tidak signifikan yaitu Value co creation terhadap memorable tourist experience. Sedangkan Memorable Tourist Experience memediasi hubungan antara value co creation terhadap kepuasan wisatawan muda di Pulau Lombok Ditolak dengan nilai p value 0,126 dan nilai t statistic sebesar 1,532, dengan jenis mediasi Partial Mediation. Untuk variabel Memorable Tourist Experience memediasi hubungan antara destination image terhadap kepuasan wisatawan muda di Pulau Lombok Diterima dengan nilai p value 0,037 dan nilai t statistic sebesar 2,088, dengan jenis mediasi Partial Mediation.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Value Co Creation, Destination Image, Kepuasan Wisatawan, dan Memorable Tourist Experience
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: H. Ahmad Saufi, SE., M.Bus., Ph.D
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:43
Last Modified: 13 Jun 2023 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39783

Actions (login required)

View Item View Item