PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POWER POINT ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN MANDIRI DI SMAN 1 GUNUNGSAR

ITSNA, HASANAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POWER POINT ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN MANDIRI DI SMAN 1 GUNUNGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FINAL_ITSNA HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ITSNA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan (Reaserch and Developement) ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis Power Point iSpring Suite dengan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keeefektifan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop dan Desseminate). Tingkat kevalidan media pembelajaran kimia yang divalidasi oleh 4 (empat) validator memperoleh nilai V = 0,82 dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan media pembelajaran kimia memperoleh persentase sebesar 82,08% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan media pembelajaran kimia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan hasil analisis n-gain pada kelas ekperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibuktikan dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen sebesar 53% dan kelas kontrol sebesar 30%. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, digunakan uji t dengan hasil thitung = 10,060 > ttabel = 2,0002 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Motivasi Belajar, Media Pembelajaran Kimia, Power Point iSpring Suite, Sifat Koligatif Larutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:43
Last Modified: 13 Jun 2023 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39805

Actions (login required)

View Item View Item