PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAH LAKU BERPRESTASI SISWA KELAS V SDN GUGUS I KECAMATAN PRAYA TIMUR LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RINI, FAKHRIANI (2023) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAH LAKU BERPRESTASI SISWA KELAS V SDN GUGUS I KECAMATAN PRAYA TIMUR LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RINI FAKHRIANI.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap tingkah laku berprestasi siswa SD di Kecamatan praya timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto tipe Causal Comparative Research, Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 174 sudah menerapkan kurikulun 2013 di Gugus 1 Kecamatan Praya Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 88 siswa dengan teknik random sampling dengan sistem undian. Metode pengumpulan data menggunakan Angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial. Hasil uji Anova satu jalur penelitian menunjukkan bahwa jawaban siswa terkait dengan penerapan bimbingan belajar yang di gunakan guru sebesar 65% siswa menjawab dengan baik, 18% siswa menjawab dengan sangat baik, dan 17% siswa menjawab dengan cukup baik. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa 22% siswa kelas V SD mempunyai tingkah laku berprestasi yang sangat baik, 81% diantaranya memiliki tingkah laku berprestasi yang baik, dan 1% siswa mempunyai tingkah laku berprestasi yang cukup baik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa Fhitung (0,430) >Ftabel (0,138), dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan N = 142. Sedangkan besar pengaruh bimbingan belajar terhadap tingkah laku berprestasi sebesar 18,4%. Hasil yang dicapai mengindikasikan adanya pengaruh signifikan yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penerapan bimbingan belajar maka semakin tinggi pula tingkah laku berprestasi siswa SD di Kecamatan Praya Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bimbingan Belajar Terhadap Tingkah Laku Berprestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:44
Last Modified: 13 Jun 2023 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39818

Actions (login required)

View Item View Item