PEMBUATAN SENSOR KESEGARAN BAHAN PANGAN BERBASIS IMOBILISASI EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA MEMBRAN NATA DE COCO

BAIQ QORIATUL, WAHIDA (2023) PEMBUATAN SENSOR KESEGARAN BAHAN PANGAN BERBASIS IMOBILISASI EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA MEMBRAN NATA DE COCO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Baiq Qoriatul Wahida_G1C018011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Baiq Qoriatul Wahida_G1C018011.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Bahan pangan segar rentan mengalami kerusakan terutama produk bahan pangan hewani yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme yang menghasilkan basa nitrogen. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi untuk memonitoring atau memantau kondisi bahan pangan tersebut secara langsung yaitu dengan sensor kesegaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ekstrak bunga telang yang dimanfaatkan sebagai indikator pH alami, karakteristik membran nata de coco sebagai matriks dan karakteristik sensor kesegaran untuk mendeteksi kesegaran bahan pangan. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan meliputi preparasi dan ekstraksi sampel bunga telang, pembuatan dan karakterisasi membran nata de coco, imobilisasi, serta pengaplikasian membran sensor kesegaran pada bahan pangan yaitu fillet ikan nila. Karakteristik ekstrak bunga telang yang dihasilkan yaitu mempunyai trayek pH warna merah muda pada pH 2, ungu pH 3, biru pada pH 4-7, dan hijau pada pH 8-10. Ekstrak bunga telang juga memiliki rentang panjang gelombang maksimum dari 552-623 nm serta memiliki nilai mean RGB yang semakin rendah seiring dengan bertambahnya pH. Karakteristik membran nata de coco yang dihasilkan adalah memiliki ketebalan 0,036 mm, nilai uji swelling 285,19 %, persen biodegradibilitas 100 %, nilai kuat tarik 101,52 MPa, elongase 5,1134 %, hanya mempunyai nilai intensitas puncak yang berbeda untuk analisis FTIR, memiliki panjang gelombang maksimum 530-662 nm serta memiliki nilai mean RGB yang semakin rendah seiring bertambahnya pH. Sensor kesegaran yang dihasilkan mampu mendeteksi kesegaran bahan pangan ditandai dengan perubahan warna dengan % RSD 2,9 % untuk suhu chiller dan 2,2 % untuk suhu ruang serta memiliki nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,9436 untuk suhu chiller (± 10°C) dan nilai koefisien korelasi sebesar -0,77301 untuk suhu ruang (± 27°C)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahan Pangan, Sensor Kesegaran, Membran Nata De Coco, Ekstrak Bunga Telang, dan Imobilisasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 23:37
Last Modified: 13 Jun 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39842

Actions (login required)

View Item View Item