ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X TITL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI MATRIKS DI SMKN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

I NYOMAN GANDI, SUDARSANA (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X TITL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI MATRIKS DI SMKN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_I Nyoman Gandi Sudarsana_E1R118014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_I Nyoman Gandi Sudarsana_E1R118014_JIPP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar adalah gangguan kondisi pada siswa yang menyimpang antara kemampuan yang dimiliki dengan prestasi yang ditujukkan pada tiga akademik dasar seperti membaca, menulis, dan menghitung. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kesulitan belajar dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Siswa Kelas X TITL dalam menyelesaikan soal materi operasi matriks di SMKN 2 Gerung. Metode penelitian adalah kualitatif. Banyak subjek penelitian adalah 66 siswa kelas X TITL direduksi menjadi 6 siswa yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu, tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrument yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian yakni subjek kategori tinggi dan sedang mengalami kesulitan membaca soal matriks dan kesulitan menulis ordo pada matriks. Subjek kategori rendah mengalami kesulitan membaca soal matriks, kesulitan menulis ordo pada matriks dan kesulitan menghitung operasi matriks. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar subjek kategori tinggi adalah faktor internal meliputi labilnya kondisi dipengaruhi lingkungan sosial sedangkan faktor eksternal meliputi media masa dan ekonomi keluarga. Subjek kategori sedang faktor internal meliputi kecerdasan, motivasi dan minat siswa dalam matematika sedangkan faktor eksternal meliputi metode guru dalam mengajar dan sarana prasarana sekolah. Dan subjek kategori rendah faktor internal meliputi tidak adanya bakat dan minat dalam matematika, serta kurang motivasi dalam belajar matematika sedangkan faktor eksternal meliputi orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya, lingkungan bergaul kurang tepat, hubungan siswa dengan guru kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada kesulitan belajar dialami siswa kelas X TITL dalam menyelesaikan soal matriks dipengaruhi faktor kesulitan belajar meliputi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Faktor Kesulitan Belajar, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matriks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 23:37
Last Modified: 13 Jun 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39857

Actions (login required)

View Item View Item