ANALISIS PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 WANASABA LAUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SUR, YATNI (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 WANASABA LAUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SURYATNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL JIPP_SURYATNI_E1E018137.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun setelah adanya pandemi dengan waktu pembelajaran yang dipersingkat hal tersebut tidak dapat dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di kelas IV SDN 1 Wanasaba Lauk, problematika yang dihadapi dan solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis menggunakan model dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara tatap muka dengan dengan waktu pembelajaran dipersingkat menjadi 4 JP X 15 menit dengan durasi pembelajaran 60 menit satu kali pertemuan. Problematika yang dihadapi guru yaitu kesulitan dalam menyusun perencanaan pembelajaran, penyampaiana materi serta penilaian yang kurang maksimal dan kesulitan dalam mengkondisikan kelas. Solusi yang dilakukan guru adalah menyusun rencana pembelajaran dengan diskusi dengan teman sejawat, menyampaikan materi dengan media pembelajaran dan bahasa yang mudah dimengerti, melakukan penilaian dengan memberikan tugas dan memperhatikan peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dan menciptakan suasana yang menyenangkan saat pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pandemi Covid-19, Pembelajaran Tematik, Problematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 23:44
Last Modified: 13 Jun 2023 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39866

Actions (login required)

View Item View Item