PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 20 CAKRANEGARA

I DEWA MADE, JUNIARTHA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 20 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi I Dewa Made Juniartha E1E018063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal JIPP I Dewa Made Juniartha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar di kelas IV SDN 20 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 20 Cakranegara yang berjumlah 55 siswa. Sampel penelitian adalah kelas IV A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel bebas berupa model pembelajaran inquiry, serta variabel terikat berupa hasil belajar matematika materi bangun datar. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes berbentuk pilihan ganda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 21.00 for Windows pada taraf signifikan 5%. Dari hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar Matematika materi bangun datar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di Kelas IV SDN 20 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Jun 2023 00:40
Last Modified: 14 Jun 2023 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39873

Actions (login required)

View Item View Item