HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN TANAK EMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

TIKA PUSPA, PANDINI (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN TANAK EMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TIKA PUSPA PANDINI_E1E018139_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL TIKA PUSPA PANDINI_E1E018139_PGSD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang. (2) Bagaimana penerimaan sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang. (3) Bagaimana hubungan keterampilan sosial dengan penerimaan sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Metode pengumpulan data adalah angket dengan skala likert. Subjek penelitian sebanyak 109 siswa reguler yang berada pada kelas inklusif di SDN Tanak Embang yaitu kelas 2, 3, dan 5. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, dan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang termasuk dalam kategori sedang. (2) Penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang termasuk dalam kategori sedang. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan sosial dengan penerimaan sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang tahun pelajaran 2022/2023 dengan nilai pearson correlation sebesar 0,797. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keterampilan sosial siwa berkebutuhan khusus maka akan semakin tinggi juga penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang sebaliknya, semakin rendah keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus maka akan semakin rendah penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN Tanak Embang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan sosial, penerimaan sosial, siswa berkebutuhan khusus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Jun 2023 00:14
Last Modified: 15 Jun 2023 00:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39943

Actions (login required)

View Item View Item