ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN LITERASI SESUAI LEVEL KEMAMPUAN SISWA DI SDN SETILING TAHUN AJARAN 2022/2023

RAHAYU PRAYA, NINGSIH (2023) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN LITERASI SESUAI LEVEL KEMAMPUAN SISWA DI SDN SETILING TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAHAYU PRAYA NINGSIH E1E018119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RAHAYU PRAYA NINGSIH E1E018119.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa dari pelatihan 30 orang guru di sekolah uji coba program Semua Anak CERDAS (SAC) sebanyak 90% belum memahami konsep literasi dasar dalam pembelajaran literasi sesuai level kemampuan siswa. Hal ini sejalan dengan data awal berupa hasil penilaian literasi sesuai level kemampuan siswa di SDN Setiling sebagai salah satu sekolah sasaran program yang menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam implementasi program pembelajaran literasi sesuai level kemampuan siswa. Akibat hal tersebut, tercatat dari 224 siswa, sebesar 48% siswa masih berada pada level literasi yang rendah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan dan faktor penyebab munculnya kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran literasi sesuai level kemampuan siswa, dilihat dari tahapan pembelajaran SAC yaitu tahapan penilaian, tahapan pengelompokan, tahapan pembelajaran literasi sesuai level. Jenis penelitian ini adalah kualitatitf deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang guru kelas yang menjadi peserta dalam program SAC. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman yang mencakup tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data hingga tahap verifikasi/penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan melakukan triangulasi metode, sumber data dan teori. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa pada tahapan penilaian Subyek 1 mengalami kesulitan disebabkan kondisi siswa tidak stabil. Pada tahapan pengelompokan Subyek 1 dan Subyek 2 mengalami kesulitan disebabkan jumlah disebabkan kurang proposionalnya jumlah guru yang mengajar dengan jumlah siswa dalam beberapa kelompok literasi (1 guru mengajar 42 siswa). Pada tahapan pembelajaran literasi Subyek 1, Subyek 2, Subyek 3, dan Subyek 4 mengalami kesulitan disebabkan masih kurangnya profesionalitas guru dan pengalaman dalam membacakan cerita yang menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesulitan guru, pembelajaran literasi, program semua anak CERDAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Jun 2023 10:30
Last Modified: 15 Jun 2023 10:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39966

Actions (login required)

View Item View Item