PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 3 SEKARBELA

EVA, SULASTRI (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 3 SEKARBELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVA SULASTRI ( E1E019109).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL EVA SULASTRI (E1E019109).pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN gugus 3 sekarbela. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN gugus 3 sekarbela. Sampelnya adalah SDN 25 Ampenan dan SDN 31 Ampenan. Pengambilan sampel melalui teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data dengan observasi, angket dan tes tulis. Observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar siswa, dan tes tulis digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test menggunakan n-gain berbantuan SPSS 21. for windows diperoleh thitung ˃ ttabel dengan 6.953 lebih besar dari 2.002 atau nilai sig (2-tailed) adalah 0.000 ˂ 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV SDN gugus 3 sekarbela. Selain itu berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 21. for windows dengan uji Independent Sample T-Test menggunakan n-gain diperoleh thitung ˃ ttabel dengan 9.349 lebih besar dari 2.002 atau nilai sig (2-tailed) adalah 0.000 ˂ 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN gugus 3 sekarbela. Berdasarkan hasil uji manova berbantuan SPSS 21. For windows diperoleh nilai sig 0.000 ˂ 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN gugus 3 sekarbela

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jun 2023 06:26
Last Modified: 18 Jun 2023 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/39999

Actions (login required)

View Item View Item